Jumat, 28 Mei 2010

Super Junior, “We could go for 20-30 more years” [INTERVIEW - INDO]

: Banyak anggota yang hilang sekarang ini. Bagaimana rasanya?
Heechul: Tentu saja kami sedih. Aku juga menderita sedikit depresi karena beberapa kejadian dan aku mempunyai waktu yang sulit pada saat itu.

: Banyak terjadi di tim ini. Shindong, kamu mengakui cintamu melalui album barumu. Bagaimana pihak agensi meresponnya?
Heechul: Aku rasa pihak agensi membiarkannya keluar karena mereka tidak tahu artinya juga.(tertawa)
Shindong: Jika aku menulisnya dalam bahasa Korea, Aku rasa mereka akan memintaku untuk melakukannya lain kali. (tertawa)
Heechul: Aku juga sudah membicarakan hal ini sebelumnya dengan Lee Teuk tapi jika seorang penggemar membeli album ini, melihat Shindong menulis sebuah kode dan memecahkan kodenya dan melihat bahwa dia meminta seseorang untuk menikahi dirinya. Kami beruntung jika penggemar tersebut tidak sampai merobek albumnya. (tertawa) Shindong sebenarnya terus menerus meminta maaf kepada kami sebelum kami tampil untuk comeback “BONAMANA.”
Lee Teuk: Akan ada berbagai respon tentang apa yang dia lakukan tapi kami berterimakasih bahwa masih banyak artikel yang membahas dengan sangat baik karena hal ini.
Shindong: Aku menjadi pria yang romantis karena mereka. Aku sangat berterimakasih.

: Apakah kalian tahu tentang hal ini?
Lee Teuk: Heechul tahu.
Heechul: Aku setuju apa yang dilakukan Shindong ketika dia memberitahuku ingin melakukan hal ini. Aku memberitahunya karena karena hal itu sangat hebat. Seorang pria mengaku ketika dia ingin mengakuinya. Tapi ketika aku melihat kodenya sudah terpecahkan.. apakah itu yang seharusnya diperlihatkan. (tertawa) Aku tidak tahu bahwa hal itu akan menjadi sangat serius.
Lee Teuk: Kami sedang melakukan pemotretan ketika dia sedang menulisnya. Dia seperti sedang mencari sesuatu di keyboad komputernya.

: Apakah kalian berencana untuk menikah, jika contohnya, lagunya berjalan dengan mulus?
Lee Teuk: Seperti kami akan menikah jika kami bisa menjual lebih dari 1 juta album. (tertawa)
Shindong: Aku mau jika kami bisa menjual di bawah satu juta. (tertawa)
Heechul: Aku yang akan menyanyikan lagu perkawinanya. Cinta sangat menyakitkan…(tertawa)
Lee Teuk: Hal ini bisa dilakukan kalau itu adalah Shindong. Dia adalah orang yang memberikan imej grup sebagai grup yang ramah. Semua orang kurus dan tampan jadi ada jarak antara kami dengan publik…
Heechul: Terdengar seperti kamu menghina Shindong.
Lee Teuk: Tidak, Aku tidak menghina dirinya. (tertawa) Aku hanya bilang bahwa kita harus mempunyai seseorang seperti Shindong karena imejnya yang ramah.
Shindong: Aku sangat bersyukur bahwa kalian berpikir seperti itu. Aku sangat berterimakasih dengan grupku karena aku selalu mendengar kata-kata ‘pretty boy’ kemanapun kita pergi. (tertawa)
Heechul: Sekarang, mari kita tidak usah saling berterimakasih terhadap satu sama lain. (tertawa)

: Grup ini telah mengalami banyak kejadian sebelum album ini keluar jadi aku raas kalian merasa berbeda ketika mempersiapkanya. Bagaimana perasaan kalian ketika sedang berlatih?
Eunhyuk: Semua orang merasa sangat berbeda. Sangat menyenangkan karena kami berlatih dengan tekad seperti kami pertama debut. Donghae dan aku yang bertugas dalam koreografi ini jadi kami harus memimpin untuk menunjukkannya dan kami sangat bekerja keras kali ini jadi kami hampir tidak tidur di dalam mempersiapkan album kali ini.
Donghae: Aku sangat stress bahkan aku sempat bermimpi buruk. Aku sangat terkejut karena aku bermimpi kami sedang berlatih untuk penampilan comeback kami tapi semua orang menertawai kami.
Lee Teuk: Eunhyuk bilang dia mempunyai mimpi yang sama juga. Aku sangat terkejut bahwa semua orang sangat tertekan.

: Ada beberapa orang yang bilang judul track kalian, “BONAMANA” hampir sama dengan lagu sebelumnya, “Sorry Sorry.”
Lee Teuk: Aku tahu, Tapi aku pikir ini adalah gaya kita. Ini merupakan kelanjutan dari “Sorry Sorry” tetapi juga kata-kata terakhir untuk itu.

: Ada gerakan tarian dimana kalian seperti sedang main ice skating.
Lee Teuk: Koreografernya bilang ketika dia memikirkan Korea dia selalu berpikir tentang skating. (tertawa)

: Koreagrafi untuk “BONAMANA” sepertinya lebih sulit dari sebelumnya. Apakah kalian kesulitan mengingat gerakannya? (tertawa)
Eunhyuk: Seharusnya memang lebih sulit. Kami banyak mengubah gerakan yang sulit menjadi lebih mudah karena kami harus tetap menjaga beberapa gerakan dimana gerakan tersebut adalah kunci dari lagunya. Sebenarnya hal itu sangat sulit. Rasanya seperti kita harus terus berlari dalam kecepatan yang penuh.
Lee Teuk: Bukankah Super Junior itu hebat karena kami bisa melakukan koreografi yang sulit sekalipun? (tertawa) Koreografernya bilang bahwa gerakan kami yang sekarang adalah energi kami. Orang yang menciptakan koreografi “Sorry Sorry” juga yang menciptakan koreorgafi yang sekarang juga. Kami sangat bersyukur kepada dirinya karena dia seharusnya bergabung di tribute konsernya Michael Jackson.

: Apakah lagu barunya sulit untuk dinyanyikan karena kamu harus selalu melocnat-loncat dari awalnya. Khususnya untuk para anggota yang terbiasa menyanyikan lagu ballad, bagaimana dengan hal tersebut?
Kyuhyun: Dalam kasusku, aku bagus menyanyikan lagu ballad tapi juga tidak terlalu buruk karena aku sebelumnya adalah penyanyi yang juga menari. Aku belajar terus menerus. Dana aku ingin menunjukkan sisi yang berbeda dari diriku melalu album ini karena di album ini juga banyak lagu balladnya.

: Bagaimana menyanyikan Yoo Hee-yeol’s “Good Person”?
Kyuhyun: Aku merasa sangat tertekan karena ini seperti lagu klasik yang tidak boleh aku kacaukan. Kami berbicara ke sutradaranya untuk waktu yang lama tentang lagu ini, memberitahukan bahwa di beberapa bagian harus dinyanyikan dengan emosi yang seperti ini dan itu, dan kami terdengar bahwa kami terlalu banyak tersenyum di beberapa segmen, dan bilang bahwa ini adalah lagu yang sedih.
Lee Teuk: Kami banyak mengeditnya karena ini adalah lagu klasik dan Yoo Hee-yeol sedang membawakan acara radionya setelah acara radio kami jadi dia bertanya tentang hal itu juga. Setelah album kami keluar, dia bilang dia mendengarkan lagu versi kami dan ketika kami bertanya, “Ini tidak begitu bagus, bukan?” dia bilang bahwa lagunya bagus dan kami sangat berterimakasih.
Yesung: Ketika aku mendengar bahwa kami akan merekam lagu “Good Person,” Aku kira itu adalah lagu dari be Park Hyo-shin “Good Person.” (tertawa)

: Haha, Yesung, kamu harus sering muncul di beberapa variety show.
Yesung: Aku sangat tertarik muncul di variety show. (tertawa)

: Lee Teuk, Eunhyuk, Shindong, ketiga dari kalian adalah menjadi tamu tetap di acara SBS talk show “Strong Heart.” Tapi pasti sangat sulit menjadi segmen terpenting di program tersebut untuk beberapa menit.
Lee Teuk: Kami sering melihat beberapa foto banyak yang dirobek tapi lebih banyak yang dirobek, masyarakat lebih ingin sering melihat foto yang lebih intens ketika para selebritis malah ingin menutup-nutupinya. Kami juga mengerti apa yang paling sulit menjadi seorang komedia. Dan biasanya sangat sulit untuk mengatur segmen untuk 3 bulan. Kami sekarang sampai di bulan ke-9 dan itu semakin sangat sulit. Jadi aku berpikir kalau kami harus melakukan sesuatu yang berbeda lagi.

: Apakah sulit membuat para tamu untuk mempertunjukkan keahlian mereka di sebuah acara?
Lee Teuk: (Sigh dan tertawa) Itu sangat sulit. Banyak dari mereka yang bilang bahwa mereka tidak mau jadi kami harus membujuk mereka.
Eunhyuk: Aku belum benar-benar tertarik dengan acara variety shiw tapi aku mengambil bagian sedikit demi sedikit karena sepertinya sangat menyenangkan ketika aku mendengarkannya. Dan kita bisa tampil di “Strong Heart” tapi aku merasa sangat tertekan ketika harus membuat orang-orang tertawa. Kedua orang itulah (Lee Teuk dan Shindong) yang bisa memegang segmen ini lebih baik sebenarnya. Sejujurnya, aku hanya banyak melakukan gaya bebas saja. (tertawa)
Yesung: Ketika aku melihat berbicara satu sama lain, sepertinya mereka tidak mempunyai waktu untuk tidur karena mereka sangat sibuk dengan apa yang harus dilakukan untuk “Strong Heart.” Shindong sering mencari di Internet, Lee Teuk adalah orang yang membuat bahan candaannya dan segmennya dan Eunhyuk melakukan dengan baik dengan memberikan suasana menjadi lebih meriah.. aku tidak tahu bahwa mereka bisa melakukan pekerjaan yang begitu bagus.

: Diantara kalian ada yang melakukan panggung musikal. Apakah mempunyai pengalaman seperti itu membantu karir menyanyi kalian?
Yesung: Mereka sangat banyak membantu. Aku mencoba beberapa akting dan melakukan beberapa pekerjaan dengan berlatih menyanyi secara live setelah melakukan musikal. Aku juga sering kembali menetapkan hati ketika aku masih sebagai penyanyi baru setelah bertemud dengan beberapa senior di musikal ini. Ada sekitar 40 orang lebih tua dariku di panggung tersebut jadi aku mulai memberikan 40 buah kopi untuk mengucapkan salam kepada semua orang.
Sungmin: Aku rasa aku menjadi lebih bebas setelah aku melakukan sebuah panggung musikal. Aku biasanya hanya menyanyi dan menari di panggung tapi ketika aku melakukan panggung musikal aku harus berakting dan menghitung, jadi ketika aku tampil di panggung “BONAMANA”, aku menjadi lebih nyaman beraksi ataupun mengekspresikan sesuatu yang belum pernah aku lakukan sebelumnya. Jadi aku ingin tetap ingin melakukan sebuah panggung musikal.

: Kalian pernah bilang di “Strong Heart” bahwa Heechul hampir keluar dari Super Junior. Apakah kalian tidak memerlukan suatu jeda waktu untuk membentuk sebuah pengertian satu sama lain kembali setelah apa yang telah kalian lewati selama ini?
Lee Teuk: Kami membicarakannya ketika kami sedang tur keliling Asia. Semua orang biasanya memiliki jadwal masing-masing yang harus dipenuhi jadi kami harus membicarakannya dulu sebelum dan sesudah konser kami dimana saat itulah kami membicarakan semuanya. Heechul dan aku menjadi lebih dekat karena kegiatan tur Asia kami.

: Lalu apakah kamu sebelumnya merasa canggung di sebelahnya?
Lee Teuk: Bukan merasa canggung, tapi kami selalu mengatakan ke diri kami bahwa kami hanya sebagai teman. Tapi dengan apa yang sudah terjadi, kami akhirnya banyak membicarakan tentang pekerjaan juga.
Heechul: Kepribadian kami sangatlah berbeda dan kami sendiri belum pernah bekerja bersama sesering itu maka itu kami jarang berbicara bahkan ketika kami sampai di rumah bersama-sama. We even started having different opinions on issues and after wondering why that was happening, Lee Teuk, Shindong and I said we should go back to eight years ago which was before we had debuted, and just let out everything, cursing and all. That’s when things cleared up. Kami bahkan mulai merasa memiliki pendapat yang berbeda mengenai beberapa isu dan setelah bertanya-tanya mengapa itu bisa terjadi, Lee Teuk, Shindong dan aku bilang kita harus kembali ke delapan tahun lalu dimana itu adalah waktu sebelum kita debut, dan membiarkan semuanya keluar, memaki-maki dan lainnya. Saat itulah semua masalah bisa dibereskan.

: Apa yang kalian bicarakan?
Heechul: Aku merasa lebih baik kita balik ke hari itu dimana kita semua adalah teman dan bisa membicarakan hal ini dan itu. Sebelumnya, aku menolak untuk tampil di acara variety show dengan anggota dari grupku karena aku merasa aku tidak nyaman dan kami mempunyai pendapat yang berbeda. Kami juga suka membicarakan kejadian yang kami alami sebagai grup tapi ada beberapa hal yang aku tidak tahu karena kami hanya dekat sebagai teman bukan sebagai tim yang bekerja bersama. Tapi aku akhirnya berbicara dengan Lee Teuk dan Shindong hampir sampai lima jam, merasa lebih nyaman setelah itu, dan memutuskan apa yang akan kita lakukan di “Strong Heart.” Aku sekarang merasa senang di beberapa variety show.
Lee Teuk: Dia langsung menelepon produsernya akhir-akhir ini dan menyiapakan jadwalnya sendiri, (tertawa).

: Heechul, apakah kamu berencana untuk tetap tampil di berbagai variety show?
Heechul: Aku berpikir untuk tetap tampil dan mencoba memulai di season kedua dengan “Family Outing” (tertawa) tapi aku tahu bahwa nantinya aku akan naik dan turun ketika aku tampil sebagai bintang tamu. Dan aku tidak akan punya banyak cerita yang bisa aku ceritakan kepada jadi orang-orang akan mudah bosan jika aku kebanyakan tampil di acara-acara tersebut. Maka itu, aku berhati-hati dalam mempersiapkan diriku sebagai seorang pembawa acara. Aku sendiri secara pribadi suka membawakan program seperti Super Junior’s “Super Show.” Sambil bercanda aku memberitahu produser dan eksekutifnya bahwa aku ingin mencoba melakukan acara seperti itu. (tertawa) Aku dulu sangat khawatir. Aku selalu berada di bawah tekanan untuk mencapai sesuatu sebelum aku pergi masuk tentara, rasanya seperti aku belum menemukan yang tepat. Tapi setelah aku menemukan melegakan perasaanku sendiri, aku melihat diriku sendiri di sebuah gambar yang besar. Impianku memang tetap berakting tapi aku juga masih ingin tetap melakukan beberapa variety show dengan grupku.

: Kita dengar kalau Kangin akan masuk wamil di tahun ini. Bagaimana dengan kalian semua?
Lee Teuk: Aku rasa aku akan masuk wamil tahun depan atau tahun setelah tahun depan bukan di tahun sekarang. Kami berencana untuk melakukan usaha yang terbaik di karir kami dan pergi tanpa adanya penyesalan.

: Kalian adalah seorang idola yang sekarang mempertimbangkan untuk menikah. Bagaimana perasaan kalian ketika dibandingkan ketika kalian pertama kali debut?
Lee Teuk: Kami juga menjadi tua bersama dengan orang-orang yang menyukai kami dari pertama kami debut, dan aku rasa itu sangat mengagumkan. Aku juga terkejut dimana aku masih bisa disini sampai akhir sampai begitu lama. Banyak yang terjadi beberapa tahun ini dimana hal itu membantuku untuk tumbuh menjadi lebih kuat dan aku pikir aku tidak akan gampang goyah dengan hal-hal yang kecil. Aku rasa kami masih bisa sampai akhir untuk 20-30 tahun mendatang jika begini terus menerus. Kami juga tetap harus masuk wamil dan tentu saja kami harus pergi karena ini adalah tugas kemiliteran kami juga. Aku berharap kami masih bisa mengatakan sampai pada akhir tahun ini kami telah bekerja keras dan tidak akan ada rasa penyelesaian sedikitpun.

Source: asiae.co.kr – 1 & 2 | Indo Trans From : Dateforsuju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar